Awas Banyak Nyamuk Aedes Aegepti Di Musim Penghujan

Assalamualaikum Bunda, akhir - akhir ini cuaca lagi gak menentu ya, kadang panas kadang juga hujan. Aku jadi takut deh kalau anak - anak kena penyakit demam berdarah. Penyakit demam berdarah ini dibawa oleh nyamuk Aedes Aegepti, dan penyakit ini bisa menular loh,  kalau gak buru - buru ditangani bisa menyebabkan kematian pada penderitanya, ngeri banget ya bun. Jadi makin khawatir kalau hujan begini banyak nyamuk Aedes Aegepti.

Bunda sudah tau belum siklus penularan nyamuk Aeses aegepti ini. Bermula dari nyamuk Aedes Aegepti menghisap darah manusia yang terkena virus DBD , kemudian nyamuk menggigit manusia lain dan menularkan virus DBD, lalu nyamuk betina mengandung telur yang sudah terinfeksi virus DBD , kemudian nyamuk Aedes Aegepti berkembang biak di genangan air. Nah begitulah seterusnya sampai akhirnya manuusia bisa terkena virus DBD. 

Aku juga punya pengalaman pahit dengan virus DBD ini. Anakku yang pertama Kaka Sistha pernah dirawat di rumah sakit akibat virus ini. Saat tau si kaka terkena virus ini hancur banget hati aku bun. Sebagai seorang ibu pastilah ada rasa khawatir yang sangat mendalam ketika anak terkena DBD. 

Awal mula si kaka panas tinggi, selalu di angka 40 derajat. Aku pikir waktu itu hanya panas biasa, tapi setelah 3 hari panas si kaka engga turun - turun, akhirnya aku bawa si kaka ke puskesmas. Lalu disana di ambil darah, dan benar aja dokter sudah menduga kalau kaka kena DBD, tapi karna untuk memastikan dokter minta kita balik lagi besok buat cek darah lagi. 

Setelah cek darah yang kedua, ternyata si kaka positif terkena virus DBD. Akhirnya kami di rujuk untuk dibawa ke rumah sakit agar segera di tangani. Alhamdulillah Allah memudahkan kami, si kaka langsung dapet penanganan dari dokter. Kondisi kaka waktu itu udah lemes banget. Kasian aku lihat anakku jadi seperti ini. 


Seminggu si kaka dirawat di rumah sakit, trombosit turun drastis. Dokter selalu pantau perkembangannya. Makannya juga harus dijaga agar lebih banyak makan dan minun air putih. Karna aku punya baby jadi waktu itu yang nemenin si kaka papahnya. Setiap malam aku menangis bun , biasanya si kaka di rumah, dia malah terpisah jauh dari aku dan harus terbaring gak berdaya di rumah sakit. Hati seorang ibu mana yang gak akan menangis ketika ada di posisi aku waktu itu. 


Alhamdulillah dengan kekuatan doa dan juga obat dari dokter si kaka akhirnya dinyatakan sembuh karna trombositnya sudah normal. Jujur aku gak tau si kaka bisa terkena virus DBD ini dimana. Namun pada akhirnya lingkungan kami tinggal akhirnya di fogging. 


Bun ternyata penting banget ya buat kita tau apa aja sih yang harus dilakukan untuk mencegah virus DBD ini. Dengan selalu menjaga lingkungan rumah kita selalu bersih, kubur barang yang tergenang air karna ini bisa jadi sarang nyamuk Aedes Aegepty. Dan kalau sikecil sudah mulai panas bunda bisa langsung berikan Termorex ya. Agar panasnya cepet turun lalu imbangi dengan minum air putih yang banyak dan juga makan makanan yang bergizi tinggi. 

Nah supaya Bunda lebih tau banyak tentang virus DBD ini Bunda bisa cek di media sosial Panduan Bunda di bawah ini :


Facebook

Instagram
Twiter

Cek juga artikel dari panduan Bunda mengenai cara mengenali dan mengatasi DBD

Komentar

  1. Jadi worry banvet ya..tp emang kita harus aware sama kesehatan dan juga kebersihan agar kita sehat selalu

    BalasHapus
  2. Alkhamdulillah ya Bun, si kakak udh sembuh dr DBD

    BalasHapus
  3. Iya nih harus waspada ya, Di lingkungan rumah udah berkali Kali datang fogging. Sama daya tahan tubuh penting

    BalasHapus
  4. Kita bener bener harus waspada ya bun karena penyakit DBD ini sudah banyak korbannya dan ga memandang usia

    BalasHapus
  5. kalau sudah pernah mengalami seperti ini..pasti bunda lebih waspada lagi ya untuk menjaga keluarga dari DBD.

    BalasHapus
  6. alhamdulillah. semoga sehat terus bun. semoga jadi pelajarn juga ntuk kita semua untuk lebih memperhatikan lagi dan terus memberikan yang terbaik demi keluarga

    BalasHapus


  7. Dari artikel yang pernah saya baca, memang memasuki musim penghujan populasi nyamuk aedes aegepti meningkat pesat. Jadi DBD merupakan penyakit yang perlu diwaspadai. Selain tanda-tandanya yang harus kita pahami, kebersihan lingkungan juga harus kita jaga ya bun. Smg anak2 kita selalu diberi kesehatan..aamiin..

    BalasHapus
  8. Tulisannya sangat bermanfaat sekali bunda terima kasih

    BalasHapus
  9. Alhmdulillah udh sembuh ya mom sekarang harus bisa waspada lagi

    BalasHapus
  10. Kalau sudah pernah mengalami nya, jadi worry ya Bun.
    Jd lebih ekstra hati2.
    Semoga keluarga dan anak2 kita selalu sehat

    BalasHapus
  11. Ya ampu. Sedih banget ya bun kalo anak sampe sakit demam gt. Demam 1 hari aja rempongnya minta ampun gak kuat ngeliat anak nangis2, huhuu

    BalasHapus
  12. mmg musim hujan seperti ini DBD adalah penyakit yang menakutkan buat kita ... aku juga selalu sedia termorex kalo tiba2 anakku panas

    BalasHapus
  13. Sanagt menarik infonya bunda terimakasih

    BalasHapus
  14. Thanks sharingnya ya mom, aku mau follow ah

    BalasHapus
  15. Wah baru tau si kakak pernah DBD...smoga sllu dbrikan kshatan ama Allah yabkak..😘

    BalasHapus
  16. Bener banget mba, kalau anak kenapa-kenapa..kita pasti khawatir banget..segera cek panduan buat tahu info ttg gejala sakit anak nih

    BalasHapus
  17. Panduan Bunda emang bantu mom buat ga panik, aku langganan baca

    BalasHapus
  18. Makasih infonya, Bunda. Penting dibaca mengingat tingkat penderita DBD di Indonesia tiap tahunnya selalu tinggi

    BalasHapus
  19. Makasih infonya, Bunda. Penting dibaca mengingat tingkat penderita DBD di Indonesia tiap tahunnya selalu tinggi

    BalasHapus
  20. Tetap waspada dan berdoa semoga kita selalu diberi kesehatan ya..

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah kaka sista sembuh dan sehat kembali

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah kaka sista sembuh dan sehat kembali

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah kaka sista sembuh dan sehat kembali

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk Cegah Sakit Flu Dengan Vaksin Flu

Gabung di Klub Bisa Dapet Voucher Belanja dan Elektronik