Pentingnya Menjaga Psikis Anak


Beberapa hari yang lalu aku di ajak temen untuk mengikuti talkshow dari Halodoc dan Moms blogger community. Waktu di tawari aku langsung seneng banget karna temanya ini loh menarik dan memang menjadi keresahan aku selama ini. " Tips Menjaga Psikis Anak Sejak Dini " adalah tema yang di ambil Halodoc tanggal 31 juli 2018 kemarin. Dan juga sekaligus untuk memperingati Hari Anak yang jatuh pada tanggal 23 juli.



Apa sih Halodoc itu?
Mungkin sudah ada yang tau, ataupun baru denger seperti saya. Halodoc adalah aplikasi kesehatan untuk membantu menjawab kebutuhan kaum milenial yang cepat, praktis , aman dan terpercaya. Halodoc mempunyai tiga fitur utama di dalam aplikasinya. 
Yaitu: 


1. Apotik Antar

Apotik Antar adalah layanan yang dapat membantu para pengguna aplikasi halodoc untuk membeli obat, suplemen dengan resep dokter yang cepat aman dan nyaman. Membantu banget loh aplikasi ini. Apalagi buat ibu-ibu kayak aku yang butuh produk baby. Gak usah jauh-jauh dan capek ke minimarket,tinggal pilih aja sesuai kebutuhan aku nih. Kayak contoh aku butuh minyak telon buat baby,mudah banget kan tinggal klik yang kita butuhin,apalagi ongkirnya free. Wahh makin suka deh beli obat-obatan di Halodoc.





2. Hubungi Dokter 

Hubungi dokter merupakan layanan yang memfasilitasi pengguna untuk berinteraksi secara langsung dengan ribuan Dokter melalui voice call, video call ataupun chat. Nah disini kita tinggal pilih aja mau chat ke dokter siapa? Bener-bener canggih ya Halodoc, gak perlu ke rumah sakit deh kalau mau konsultasi.


3. Lab Service 

Lab service ini memberi kemudahan para pengguna untuk melakukan pengecekan kesehatan dirumah ataupun kantor. Dan Halodoc ini bekerja sama dengan Prodia. Awalnya gak percaya bisa ada fitur ini, tapi pas aku liat, emang bener ya. Buat aku takjub banget. Pokoknya jadi lebih simple deh kalau pake Halodoc.


Nah kumplit banget kan fitur Halodoc ini, pokoknya semua jadi lebih mudah deh. Yuk buruan download aplikasi yang keren ini bisa di play store loh.


Talkshow kemarin juga di hadiri oleh dokter psikiater anak dan remaja dari RSCM yaitu Dr.Tjhin Wiguna Sp.KJ. 
Pesan yang disampaikan oleh Dr. Tjhin adalah bahwa peran orang tua itu sangat penting dalam perkembangan karakter dan moral anak. Untuk itu talkshow ini ditujukan untuk pasangan muda dan orang tua yang memiliki balita agar orang tua bisa mendidik anaknya dengan cara yang lebih baik dan lebih sehat menurut anjuran dokter. Banyak orang tua yang masih terfokus hanya pada perkembangan anak secara fisik dan cenderung melewatkan perilaku dan psikis anak, padahal pembentukan perilaku dan psikis anak adalah fondasi utama untuk tumbuh dilingkungan sosialnya nanti.

Untuk itu aku sebagai orang tua dan semua orang tua yang ada di dunia harus memberikan contoh dan perilaku yang positif kepada anak-anak kita. Hal yang paling penting adalah fokus menjadi panutan yang baik dan positif bagi anak. Tunjukan kepada anak bahwa orang tua terus menunjukan sikap dan perilaku yang positif dan orang tua selalu berorientasi pada tujuan dan perencana yang baik.


Ada beberapa tips bagaimana sih menjaga psikis anak sejak dini. Yaitu :

* Bantu anak menemukan panutan dalam bidang yang disukai.
* Bicara dengan anak tentang orang-orang yang telah bekerja untuk membuat perubahan positif dalam kehidupan atau disekitar mereka.
* Orang tua berusaha melingkupi rumah tangga dengan suasana Tilahiyah dengan menghidupkan keagamaan di dalam rumah.
* Beri pujian kepada anak ketika orang tua melihat sikap,perilaku dan bahasa yang positif.
* Orang tua harus mampu mengenali perasaan sendiri dan perasaan orang lain (anak), mampu memotivasi diri sendiri serta mampu mengolah emosi dengan baik.
* Memberi semangat kepada anak untuk selalu bersikap dan berperilaku positif.
* Memberikan contoh dalam menjalankan tata krama dalam kehidupan sehari-hari, seperti; bersyukur, berterima kasih, memaafkan, meminta maaf, bertanggung jawab, menolong, dan memberi salam.
* Mengembangkan empati pada anak, misalnya menjenguk orang sakit, memaknai penderitaan orang lain dsb.

Menurut survei dari 1.176 orang menemukan bahwa dua pertiga dari orang dewasa percaya bahwa nilai moral dari anak telah menurun cukup banyak sejak saat mereka masih muda. Menurut Blessy, Offline Marketing Manager Halodoc " Umumnya orang tua mendidik anak sesuai dengan norma dan budaya yang ada di masyarakat saat ini, tapi belum tentu hal itu yang di benarkan secara medis. Apalagi sekarang zamannya sudah mulai berubah, anak sudah sangat aware dengan teknologi, jadi sebagai orang tua perlu arahan untuk mendidik anak sesuai dengan perkembangan zaman ".

Untuk itu Halodoc mengajak para orang tua untuk lebih memperhatikan kesehatan anak. Penting bagi anak untuk tumbuh dengan baik agar bisa menjadi penerus bangsa yang sehat secara fisik dan mental di kemudian hari.



Jujur setelah talkshow ini aku jadi banyak belajar lagi dan lagi sebagai orang tua. Apa yang kita lakukan sekecil apapun hal yang kita lakukan kalau itu tidak baik pasti anak akan mengikuti. Semoga setelah ini aku bisa menjadi orang tua yang lebih baik lagi. 

Talkshow yang di adakan Halodoc di gelar di Paradigma Cafe loh, tepatnya di depan stasiun cikini. Tempatnya oke loh buat foto-foto. Ada spot-spot yang lucu juga buat di abadikan. Makanannya pun enak-enak. Dan team dari Halodoc baik banget ya,karna yang membawa suami dan anak-anak juga di persilahkan untuk mengambil makanan. Jarang loh yang di setiap talkshow aku ikuti yang membawa keluarga juga di persilahkan mengambil prasmanan. Baik banget ya team dari Halodoc, sukses terus ya buat Halodoc.





Yang mau tau lebih jauh tentang Halodoc bisa ke website www.halodoc.com atau bisa juga ke instagram @halodoc 
#HalodocHariAnak #PakeHalodoc #HalodocxMBC




Terima kasih Halodoc dan Moms Blogger Community atas ilmunya yang sangat bermanfaat. Semoga Halodoc sering-sering ya mengadakan talkshow yang bermanfaat seperti ini. 

Komentar

  1. Duh bun Nina, debaynya keren sudah ikutan workshop nih, semoga ilmunya bermanfaat jg buat debay nya

    BalasHapus
  2. Busui yang punya semnagat tinggi ini...Semoga sehat selalu ya Mbak Nina dan debay-nya :)

    BalasHapus
  3. Itu anak bayi udah diajak keliling ibunya menimba ilmu. Sehat-sehat yaa.

    BalasHapus
  4. aku pernah denger sih tapi belum pernah nyobain . praktis yaa jaman sekarang canggih semua ada di gadget

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Awas Banyak Nyamuk Aedes Aegepti Di Musim Penghujan

Yuk Cegah Sakit Flu Dengan Vaksin Flu

Gabung di Klub Bisa Dapet Voucher Belanja dan Elektronik