Yuk Cegah Sakit Flu Dengan Vaksin Flu


Assalamualaikum Ayah Bunda, Apa kabarnya hari ini. Semoga semua dalam keadaan sehat ya, begitupun dengan si kecil semoga senantiasa dalam keadaan sehat juga ya. Karna kalau si kecil sakit pasti kita yang repot kan bun. Apalagi akhir-akhir ini banyak banget di sekitar lingkungan kita yang terkena flu. Pasti khawatir kan bun kalau tertular si kecil?

Kemarin aku hadir di acara Back To School dengan tema kenapa harus vaksin. Disana ada bintang Tamu Dr. Attila Dewanti dan juga artis cantik Maya Septha. Disana kita banyak membahas tentang flu dan juga kenapa harus vaksin?


Tempatnya di buat senyaman mungkin untuk anak-anak dan juga kita orang tua yang hadir. Karna ada banyak jajanan atau camilan sehat untuk anak-anak.  Disana kita bisa memilih jajanan yang kita mau,sudah di sediakan ada gulali,kue cubit,es goyang,telur gulung dan rambut nene. Selain itu juga ada mewarnai dan mandi bola yang membuat anak semakin betah di acara ini. 




Flu adalah penyakit pernapasan menular yang disebabkan oleh virus influenza yang menginfeksi hidung,tenggorokan,dan paru-paru. Penyakit influenza sering kita anggap penyakit ringan,tapi ternyata penyakit ini beresiko tinggi loh bun untuk anak-anak kita. Anak-anak berusia 5 tahun kebawah yang paling beresiko tertular flu dan terkena komplikasi,seperti sinus hingga infeksi paru-paru seperti pnemonia dan bronchitis. Apalagi di tambah dengan kekebalan tubuh anak yang belum terbentuk sempurna menyebabkan si anak cepat sekali tertular flu. Nah untuk itu bun itu mulai sekarang nih kita gak boleh sepelekan penyakit flu ini. Karna penularan flu itu bisa terjadi di mana aja,di lingkungan anak-anak bermain,terutama di lingkungan sekolahnya atau di tempat-tempat yang kebersihannya kurang terjamin. 

Virus influenza adalah virus yang mudah menular dan dapat menimbulkan berbagai komplikasi hingga menyebabkan kematian loh bun.
Menurut Centres For Disease Control and Preventio (CDC) ada sekitar 7.000-26.000 anak-anak di bawah 5 tahun yang telah di rawat di rumah sakit setiap tahun di Amerika Serikat karna influenza ini. Flu itu dapat menyebar melalui percikan ludah akibat kontak langsung dari seseorang yang sudah lebih dulu terinfeksi bersin,dengan menyentuh sesuatu yang telah terkontaminasi virus flu dan kemudian menyentuh mulut,mata ataupun hidung. Orang yang terkontaminasi virus influenza ini dapat menularkan virus ini kepada orang lain dalam waktu 1 hari menjelang terkena flu,sampai dengan 5-7 hari setelahnya. 
Tanda-tanda Flu pasti kita sudah pahami betul ya bun. Dimulai dari demam yang mencapai 39,4 derajat sampai dengan 40,5 derajat. Nyeri pada badan,sakit kepala,sakit tenggorokan,batuk yang semakin parah,merasa kelelahan dan pilek hidung mampet. 

Penyakit flu ini juga sering banget menghampiri anak-anakku. Kadang suka kasian lihat mereka ketika flu jadi gak bisa tidur. Nafasnya itu suka grok-grok. Di tambah lagi uring-uringan karna ngerasa badannya itu nyeri,pegel dan kepalanya pusing. Kalau udah kayak gini biasanya si kaka dan dede aku jemur di bawah sinar matahari pagi. Atau aku balurkan bawang merah obat tradisional yang membuat hidungnya lega jadi gak mampet. Kalau si dede karna masih Asi biasanya aku gempur dengan Asi terus. 
Tapi aku tuh suka khawatir karna kalau flu nya sudah lebih dari 3 hari gak kunjung sembuh,terpaksa deh kita harus bawa ke dokter. 

Dan kita sebagai orang tua pasti gak enak banget kan kalau anak sakit. Jadi serba salah mau ngerjain tugas ini itu. Apalagi kerjaan jadi menumpuk karna harus ngurus anak-anak yang sakit flu. Dan anak-anakpun jadi gak semangat untuk melakukan aktivitasnya seperti biasa. Seperti bermain bersama teman-temannya ataupun bisa sampai gak sekolah. Dan waktu kitapun jadi berkurang untuk mengajak anak-anak bermain. 


Untuk itu bun aku selalu menjaga daya tahan tubuh anak-anak dengan memberikan makan makanan yang bergizi tinggi,seperti sayuran dan buah-buahan. Konsumsi air mineral rutin setiap bangun tidur,vitamin dan minum susu. Nah kalau sudah terkena flu dan si kaka harus tetap sekolah aku biasanya pakaikan masker mulut agat tidak menularkan teman-temannya yang lain.


Tapi tahukan bunda,sekarang ini ada yang namanya Vaksin Flu loh.
Vaksin flu ini direkomendasikan untuk semua orang yang berusia 6 bulan ke atas dan usia 65 tahun keatas. Vaksinasi ini harus di lakukan setiap tahun. Jangan khawatir bun karna Vaksin flu ini di buat menggunakan langkah-langkah keamanan dan produksi yang sangat ketat. Jutaan orang telah aman melakukan vaksin flu ini selama beberapa dekade. Karna manfaat vaksin ini untuk melindungi keluarga kita sendiri dan juga orang lain,serta untuk mengurangi resiko terkena flu dan komplikasinya. Jadi sekarang lebih aman bun dan kita gak usah khawatir lagi anak terkena flu kalau sudah di vaksin flu.
Dan selalu tetap menjaga kebersihan anak-anak kita dengan cara mencuci tangan dengan sabun dan air hangat ya bun,atau bisa juga dengan antiseptik berbasis alkohol untuk membatasi kontak dengan orang terkontaminasi alkohol.
Yuk bun jangan lupa ya untuk vaksin flu anak-anak kita agar kita tenang anakpun aman dan nyaman. 

Buat Ayah Bunda yang mau tau lebih lengkapnya tentang Vaksin Flu dan juga virus influenza ini bisa loh kunjungi dan follow akun instagramnya @kenapaharusvaksin 
Karna pasti bakal banyak banget info menarik yang Ayah Bunda butuhkan. 

#KenapaHarusVaksin
#4BetterProtection
#LawanFluDiSekolah
#TUMBloggersMeetup

Komentar

  1. Iya nih ternyata penting ya vaksin flu. Anakku termasuk sering Kena batuk ilek

    BalasHapus
  2. Setelah ikut talkshow ini aku baru paham lho ttg pentingnya vaksin flu, cuz lsng deh buru2 vaksin flu ke anak2 krna belum pernah sama sekali

    BalasHapus
  3. Penting juga vaksin flu buat anak-anak, karena kalau udah flu, kasihan banget ngelihatnya..

    BalasHapus
  4. Bulan depan aku mau vaksin sekeluarga Mom, udh 1 thn ini rutin vaksin flu. Apalagi anak-anakku di daycare semua. rentan kena Virus. hihi

    BalasHapus
  5. Iya ni anakku kl kena flu lebih dari 3 hari.. kasian kan... N anakku jg belum pernah di vaksin flu si.. ternyata penting banget ya vaksin flu..

    BalasHapus
  6. Karena flu itu memang sebenarnya beda yaa dengan batuk pilek biasa, makanya dampaknya lebih besar dan sebisanya dicegah deh misalnya lewat vaksin ini.

    BalasHapus
  7. Aku kok langsung keingetan kata rambut Nene, hahah maksudnya arum manis kali ya. Makin sadar nih pentingnya vaksin flu, karena pemicunya sering banget terjadi.

    BalasHapus
  8. Setelah baca ini saya jadi tambah mengerti kenapa perlu dilakukan vaksin flu. Biasanya kita agak abai dengan flu karena sudah sering menyerang, jadi kesannya biasa saja. Tapi namanya virus ya tetap saja kudu divaksin. Terima kasih, informasinya berguna sekali.

    BalasHapus
  9. Ternyata ada ya vaksin utk flu. Malahan kadang aku menyepelekan flu. Kalau sudah lebih dari 3 hari blm sembuh baru ke dokter. Apakah ditanggung BPJS juga ya?

    BalasHapus
  10. Senangnya vaksin flu sudah direkomendasikan di Indonesia. Aku kenal vaksin yang direkomendasikan untuk semua orang yang berusia 6 bulan ke atas dan usia 65 tahun keatas dan harus di lakukan setiap tahun ini saat tinggal di Amerika.
    Di sana gratis untuk anak dan bayar untuk dewasa. Wah..mesti vaksin juga nih aku sekeluarga.

    BalasHapus
  11. Vaksin flu ya, noted. Selain itu wajib sekali menjaga kebersihan lingkungan dan cuci tangan pakai sabun dan air hangat. Tfs Mba Nina...

    BalasHapus
  12. Menjaga kebersihan juga menjadi hal yang sangat penting agar bisa terhidar dari virus flu. Semoga usaha yang kita lakukan memberi dampak kebaikan terutama bagi anak-anak ya mbak.

    BalasHapus
  13. Memang anak2 itu rentan banget terkena flu, ditambah anak2 suka ga perhatikan kebersihan, makanya orang tua yang mesti sigap, perlu banget nih diberikan vaksin agar anak2 ada perlindungan dari virus flu

    BalasHapus
  14. Baru tahu ternayata ada vaksin flu yang boleh di berikan dari usia 6 bulan ya, kira-kira berapan bunsay untuk paket vaksin flu ini, pengen nih buat baby ku

    BalasHapus
  15. Orang sering mengira flu sama kayak batpil padahal risikonya beda ya mbak. Kalau kena flu bisa berujung pd komplikasi penyakit yg lbh serius. Makanya dulu dokter anak yang biasa imuniasai anakku tu "ceriwis" nyuruh aku vaksin influenza jg ke anak2. ALhamdulillah insyaAllah bisa terhindar dari terkena penyakit flu ini. Aamiin

    BalasHapus
  16. Waalaikum salam . Alhamdulillah kabarnya baik 😊


    Iya nih bener bangeet cuaca lagi gak oke bangeet . Anak anak jadi rentan kena flu .
    Thanks infonya tentang vaksin influenza yaa mom , aku mau coba cari tau dlu

    BalasHapus
  17. Berapa ya harga vaksin flu uat dewasa. Aku jugapengen vaksin soalnya sering kena flu karena di kereta banyak virusnya

    BalasHapus
  18. anakku yang bungsu juga saat ini lagi pilek.
    tak kasi madu dan jeruk nipis.

    kalo malam hidungnya suka mampet, jadi susah tidur. Tinggiin bantalnya.
    siangnya meler terus de...

    dah lebih tiga hari, tak kasi juga akhirnya obat pilek.
    Alhamdulillah ada perubahan.. tapi madunya teteup dikasi

    baiknya sih madu di kasi tiap hari, tapi emaknya ini sering lupa hiks

    BalasHapus
  19. Penting bangey ya vaksin flue. Saya kadang suka kasihan kalau liat anak anak kena flue. Karena mereka juga belum bisa ngeluarkan lendir, susah buat apa apa, dan bisanya nangis. Gak tega banget. Makanya vaksin ini gak boleh kelewat ya, apalagi sekarang virus dan polusi semakin banyak

    BalasHapus
  20. Waalaikumsalam..

    Ternyata ada vaksin flu yang membahayakan bagi anak yah. Sebaiknya memang anak jangan terlalu dibiarkan main yang kotor karena nanti bisa terjangkit bakteri yang bikin ngeri*

    BalasHapus
  21. Kadang Kita anggap sama ya antara commond cold dan influenza padahal beda jauh meskipun gejalanya mirip. Anakku pernah didiagnosa gejala pneumonia jadinya kalau dia sudah mulai demam flu batuk, Saya langsung udah auto was-was aja hiks

    BalasHapus
  22. Anak-anak paling mudah dan paling sering terkena flu, membuat susah napas dan pusing. Untunglah ada vaksin Flu yang aman. Tidak hanya untuk anak-anak , tetapi orang tua yang juga ternyata bisa terserang flu kala kondisi badan tidak fit.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Awas Banyak Nyamuk Aedes Aegepti Di Musim Penghujan

Gabung di Klub Bisa Dapet Voucher Belanja dan Elektronik