Bebas Bermain Burung di Jakarta Bird Land

 Dari kemarin udah penasaran banget sama si Jakarta Bird Land ini, sampe gak bisa tidur pengen buru-buru pagi. Rasanya gak sabar banget pengen lihat dan pegang burung - burung yang disana.

Jakarta Bird Land (JBL) @JakartaBirdLand #RuangKeajaiban merupakan penambahan terbaru dari Ancol Taman Impian. Memiliki luas kurang lebih 6000 meter persegi yang terbagi dalam 6 kawasan ;

  • American Macaw Area
  • Indonesian Cockatoo
  • Hombill Family
  • Aviary Exhibit
  • Water Bird
  • Free Range Bird Area

Walaupun aku bukan pecinta burung banget tapi lihat keindahan burung yang bermacam - macam warna dan bentuk jadi semakin kagum dengan ciptaan Yang Maha Kuasa.


Akhirnya tibalah hari yang kunanti, berangkat lebih pagi agar terhindar dari macet, maklumlah walaupun weekend jakarta kan pasti macet dimana - mana.


Perjalanan dari rumah aku ke Taman Impian Jaya Ancol kurang lebih 1 jam, itupun ditambah karena salah jalan, hehee 

Tapi jalanan aman kok gak terlalu macet.


Pas sampe disana jam 9 pagi, wah antrian masuk mobil dan motor panjang banget, ternyata banyak juga ya yang mau berlibur di Ancol. 


Langsung aja deh aku scan barcode untuk masuk ke dalam ancolnya, tiket ini aku sudah pesen di hari sebelum keberangkatan ya, jadi lebih cepat buat masuk ke ancol.


Untuk menuju Jakarta Bird Land ini kita bisa menuju ke dalam Sea World, nah nanti akan kelihatan tuh tulisan yang gede banget JAKARTA BIRD LAND.



Jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan ya guys ya, dan tidak boleh bawa makanan dan minuman ke dalam area ini. Cusss deh aku scan tiket dulu,habis gitu tangan kita dicap, dan lets go, kita langsung bisa melihat burung - burung terbang bebas.


Aku langsung menuju ke lantai atas menggunakan eskalator. Di lantai ini aku menemukan berbagai macam burung, salah satunya jalak bali dan jalak putih.


Jalak Bali merupakan burung endemik Indonesia dan salah satu jenis burung yang terancam punah. Makanya Tim Konservasi Ancol berhasil mengembangbiakan sejak tahun 2021 dan berhasil mengjasilkan anakan yang sekarang tinggal di Jakarta Bird Land.


Aku juga diberi izin sama mas nya untuk memberi makan, dan nanti burung ini akan hinggap di tangan kita. Awal - awal aku agak takut banget sama kaki dan paruhnya. Eh bener loh jari - jari aku digigit tapi bukan sakit malah geli gitu,haha



Lalu aku tertarik banget lihat dan merasakan sky birdge jakarta bird land. Jadi bawahnya itu kaca dan lumayan tinggi, aku cuma foto sebentar karena aku agak ngeri dan takut jatuh, hehe tapi untuk foto disini bagus banget sih, bisa lihat pemandangan dari atas.



Lanjut deh aku ke lantai bawah, disini banyak banget bermacam burung. Ada black swan, burung merak , burung kakatua dan macaw serta berbagai jenis burung lainnya.


Aku happy banget bisa kenal lebih jauh dengan beberapa burung disini, mba dan masnya juga ramah banget buat terangin bermacam burung, dan setiap yang mau pegang dan foto pasti dibantu dengan sangat ramah.


Jam 10.15 tadi ada mini show dari para burung yang menampilkan kepintarannya loh, ada burung kakatua yang bisa bilang kalau nama dia adalah " Koko " dan ada juga yang lomba masukin ring, pokoknya seru banget deh show mereka. 


Oh iya kalau mau ke sini harus bawa topi ya, soalnya kalau cuaca panas itu bakal gersang banget, mending bawa topi, kipas atau sedia payung. 


Jakarta Bird Land ini cocok sih buat mengedukasi anak - anak tentang bermacam burung apalagi mereka bisa berinteraksi langsung dengan burung - burung disana. 



Burung - burung yang ada di Jakarta Bird Land ini ada 300 dari 40 jenis burung, ada dari Indonesia dan mancanegara juga. Kayak burung yang aku kasih makan ini namanya burung Macaw, cantik banget ya.



American Macaw ini ada 3 jenis yaitu,


1. Blue and Gold Macaw

2. Scarlet Macaw

3. Green-winged Macaw


Macaw memiliki bulu ekor panjang serta paruh besar dan berwarna warni. Macaw terkenal karena kemampuannya dapat meniru suara manusia juga suara lain dilingkungannya. 

Macaw juga burung yang setia loh, karena dia hanya mempunyai 1 pasangan seumur hidup. Macaw juga mempunyai umur yang sangat panjang, dia bisa hidup hingga 60 tahun lamanya.

Makanan Macam adalah kacang - kacangan dan buah - buahan. Macaw mempunyai paruh yang sangat kuat sehingga dapat dengan mudah menghancurkan kacang dan biji - bijian untuk dimakan, dan paruhnya juga dapat dipakai untuk alat memanjat.


Selain bisa bermain sama beberapa burung kita juga bisa foto - foto di beberapa spot yang bagus sih, salah satunya di air terjun ini, jadi kita bisa melewati air terjun ini. Sumpah keren sih aku suka. Apalagi buat kamu yang suka bikin konten, wah kayaknya cocok nih ke sini.



Jakarta Bird Land ini buka mulai pukul 09.30 wib sampai jam 16.00 wib. Buat kamu yang mau tau info lengkapnya bisa langsung follow IG nya Jakarta Bird Land yah.








Komentar

Postingan Populer