Meriahnya Syukuran Ultah KEB 11 Tahun di Bali Notes Terrace


11 tahun untuk ukuran seorang anak mungkin boleh dibilang masih bau kencur, tapi untuk KEB ( kumpulan emak-emak blogger ) adalah hal yang luar biasa untuk aku. 

Awal mula aku mengenal dengan KEB boleh mungkin sekitar 10 tahun yang lalu, dimana saat itu aku  mengikuti sebuah event disekitaran Menteng.

Di acara tersebut host menanyakan para peserta yang hadir berasal dari komunitas mana saja. Saat itu aku yang berasal dari komunitas sebelah mulai menjawab, dan setalah itu ada beberapa emak - emak yang mulai menjawab kalau mereka berasal dari Emak Blogger. 

Jujurly saat itu mulai penasaran, dalam hati berkata " wih keren nih emak - emak ngeblog " padahal saat itu aku juga sudah mulai menulis dan memang dari zaman sekolah sudah mulai menulis. 

Waktu menginjak sekolah menengah ke atas aku sudah mulai ingin membuat sebuah karya tulis yang aku karang sendiri. Cerita demi cerita sudah tersusun rapih di dalam angan - angan. 

Sayang seribu sayang ketika membuat satu saja sebuah cerita dan aku memperlihatkan kepada teman yang aku percaya, saat itu juga dia mematahkan semangat yang aku punya. Dengan berkata " ini sih cerita biasa udah banyak yang kayak gini " saat itu kututup rapat cita - citaku dan aku mulai tidak suka dengan menulis.

Rasanya mau balik ke masa itu, kenapa dulu aku mudah menyerah. Kalau saja dulu aku mengabaikan teman dan tetap dengan rasa percaya diri ini mungkin saja aku sudah banyak membuat sebuah karya tulis.

Tapi dari perkenalan aku dengan KEB membuat aku merasa apa yang kita impikan rasanya belum terlambat. Menulis bisa di usia berapa saja, bahkan emak - emak sekalipun.

Dari situlah aku mulai semakin semangat belajar menulis. Ditambah lagi banyak banget keuntungan yang aku dapet ketika mulai menulis, salah satunya mendapat penghasilan dan beberapa endorsement.

Walaupun belum masuk dalam whatsapp grup Emak - emak blogger, tapi KEB merupakan salah satu faktor aku untuk tetap semangat menulis dan membuat aku yakin dengan kemampuan diri sendiri.

Dan dihari Sabtu, 28 januari 2023 KEB merayakan ulang tahun yang ke 11 dengan tema Berjejak dan Berbagi. Senangnya aku bisa menjadi salah satu orang yang turut hadir di acara tersebut.

Acara dibuka dengan meriah oleh Mc yang suaranya enak banget didengarnya. Mas Abi Satrio yang juga seorang Content Creator menyapa dengan penuh semangat kepada para emak - emak blogger.

Setelah acara dimulai, kemudian dibuka dengan sambutan dari beberapa orang berdedikasi tinggi di KEB.



Sambutan 

  1. Mira Sahid ( Founder KEB )
  2. Indah Juli ( Co Founder KEB )
  3. Elly Nurul ( Ketua Umum KEB )
  4. Ranny Afandi ( Ketua KEB SOLO )
  5. Suciarti Wahyuningtyas ( Media Sosial Kreatif Konten KEB )
Sebelum mini talkshow dimulai, ada sambutan dari Ketua Siberkreasi yaitu Mas Donny yang sangat mendukung KEB terhadap Gerakan Nasional Literasi Digital.



Lanjut dengan Mini Talkshow yang juga ikut meramaikan acara ultah KEB 11 tahun ini. Yang pastinya bukan hanya meramaikan ulang tahun namun juga membuat para emak blogger tetap belajar dari para pakarnya. 

 


Talkshow dari para expert

  1.  Oktora Irahadi ( CEO INFINA )
Talkshow kali ini membahas tentang " Cara Cuan Masa Kini "
Masa sekarang adalah masa dimana orang dengan mudah mencari cuan apalagi dengan media sosial. Salah satunya adalah membuat konten yang kita buat, dibuat semenarik dan senatural mungkin hingga para penonton tertarik dan membuat para brand melirik.

Penting juga memperhatikan yang namanya C.O.S.T yaitu : 
  • Consistency yaitu membuat konten secara terus menerus
  • Objective yaitu melihat pemirsa apa yang ingin disampaikan dan bagaimana
  • Socialize yaitu sosial media yang tempatnya bersosialisasi
  • Time yaitu butuh waktu, sabar dan tetap berusaha

2. Ali Muakhir ( Author, Content Writer dan Influencer ) 

Talkshow kali ini membahas tentang " menulis kisah inspiratif dengan metode emak "
Ada beberapa menu yang bisa dipelajari.
  • Mengenal Kisah Inspiratif adalah kisah yang ditulis untuk memberikan ilham, ide atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan
  • Ciri - Ciri Kisah Inspiratif diciptakan untuk menggugah perasaan pembaca
  • Struktur Kisah Inspiratif 
  • Metode Emak, endapkan rasa, pesan apa yang akan disampaikan, mulai dengan membuat struktur, dan kapan tulisan tuntas.
Selain itu kemeriahan berlanjut dengan penampilan dari Komunitas Perempuan Pelestari Budaya Nusantara (BPPN). KEB sangat mendukung komunitas BPPN ini untuk terus berkarya di ruang digital dengan karya - karya yang positif dan menyebar informasi kebaikan tentang kain dan kebaya kepada masyarakat luas melalui media sosial.



Bunda Elisa Koraag yang juga sebagai ketua ingin kita sebagai perempuan untuk tetap melestarikan yang namanya baju nusantara yang dimana salah satunya adalah Kain dan  kebaya.

Banyak banget acara di syukuran KEB 11 tahun ini, ada penyerahan simbolis #KEBPeduli melalui kampanye #KEBCharity11kRun dalam rangka KEB 11 tahun sebesar Rp. 2.500.000 kepada RA Miftahul Jannah, Noborejo, Salatiga. Masya Allah luar biasa KEB ini, semoga makin berkah ya.

Di acara syukuran KEB 11 tahun juga menjadi tempat peluncuran e-book yang ditulis para makmin Kumpulan Emak Blogger dengan judul " Warna Warni Dunia Blogging dan Cerita di Balik Dapur "

Selain itu juga ada pemotongan tumpeng, doorprize dan berbagai kuis yang membuat para emak - emak makin semangat. 

Keselurahan acara buat aku sangat menarik, apalagi tempatnya nyaman banget di Bali Notes Terrace yang bertempat di jl. Prof. Joko Sunoto SH No.15, Petogogan, Kebayoran baru, Jakarta Selatan dengan nuansa bali yang bikin kita betah. Apalagi bisa buat foto - foto.



Aku acungin 4 jempol deh buat makanan yang dihidangkan Bali Notes, semuanya enak - enak. Nasi mandinya aja udah gurih banget, ayamnya empuk, mudah banget dikunyah, mie dan sayuran capcaynya ulalaa aku suka.

Pelayanannya super ramah, pas sampe aja aku udah disambut dengan ramah tamah sama masnya. Dan di dalampun para writers menawarkan bantuan untuk diambilkan makanan. Pokokoke the best guys.

Sekali lagi terima kasih buat KEB sudah hadir dan jadi penyemangat aku dan sudah mengundang aku diacara yang seistimewa ini. Sehat selalu buat Founder dan semua Team semoga langkahnya selalu dimudahkan untuk menuju kebaikan. Aamiin..

The last keren buat para pendukung Syukuran KEB 11 tahun, terima kasih buat Siberkreasi, Kominfo RI, INFINA dan Bali Notes.


Komentar

Postingan Populer