Ziarah ke 4 Makam Keramat Dalam 1 Hari

Rindu rasanya berjumpa dengan Nabi Muhammad Shollollohu Alaihi Wassalam. Ingin rasanya bisa ziarah ke Makam Nabi Muhammad Shollollohu Alaihi Wassalam yang berada di Madinah, Arab Saudi dan bisa langsung mengucap salam di depan Makam Baginda Nabi Muhammad SAW. 

Doaku setiap kali selesai sholat berharap Allah mengabulkan doa aku bisa diundang ke rumah Allah dan bisa berziarah langsung di sana. Masya Allah, semoga Allah segera ijabah ya..

Ziarah bisa diartikan dengan berkunjung ke makam orang mulia. Ziarah bisa dilakukan laki - laki ataupun wanita. Bahkan menurut Ustazah Fatimah Assegaf ( Hubabah, guru mulia tempat aku mengaji ) beliau mengatakan bahwa wanita yang sedang haidpun boleh berziarah. Asalkan tidak ikut membaca ayat suci Al-quran.

bacaan ketika ziarah

Walaupun aku belum diberi kesempatan
 untuk ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW. Aku bersyukur banget bisa berkunjung ke 4 makan keramat yang ada di Jakarta.

Dengan mengendarai motor kami konvoi bersama para jamaah wanita yang dipimpin oleh Ustazah Mahani Alattas. 4 makam keramat yang kami kunjungi adalah : 
  1. Makam Keramat Luar Batang (Habib Husein bin AbuBakar Alaydrus)
  2. Makam Keramat Kampung Bandan (Habib Mohammad bin Umar Alkudsi, Habib Ali bin Abdurrohman Ba'Alwi, Habib Abdurrahman bin Alwi Assyathiri)
  3. Makam Kwitang 
    (Habib Ali bin Abdurrahman AlHabsyi)
  4. Makam Keramat Cikini (Habib Abdurahman bin Abdullah AlHabsyi

Makam Keramat Luar Batang


Tujuan pertama yang kita datangi yaitu Ziarah ke makam Habin Husein bin Abubakar Alaydrus, yaitu seorang Habib yang bernasab atau bersambung dengan Nabi Muhammad SAW.

Tempatnya berada di dalam perkampungan, namun makam ini sangat terjaga kebersihannya. Rangkaian ziarah dimulai dengan membacakan Surah Yasin, membaca tahlil dan tawasul. 

Yang dimaksud dengan Tawasul adalah kita meminta perantara dari orang mulia yang kita ziarahi agar doa kita dikabulkan, karena makam para wali, ataupun orang mulia mempunyai keberkahan tersendiri. Artinya bukan kita meminta kepada makamnya yah.

Alhamdulillah aku sudah beberapa kali ke sini, dan setiap bulannya aku dan teman - teman sholehah mengikuti kajian yang dipimpin oleh Ustazah Halimah Alaydrus, yang merupakan seorang pendakwah dan juga keturunan dari Habib Husein bin Abubakar Alaydrus.

Buat yang baru pertama kali pergi berziarah ke sini pasti rasanya deg - degan, rasanya jantung berdebar, air mata mengalir dan rasanya ingin selalu bisa ke sana setiap waktu. Di sini kita juga bisa ambil air untuk kita bawa pulang, sebaiknya kita sudah sediakan botol kosong ya. 

Dan jangan lupa juga untuk membawa uang recehan ya, karena untuk ke kamar mandi kita bisa memberikan sedekah berapapun seikhlas kita. Dan jangan lupa juga untuk memberikan infaq terbaik kita di dalam masjid dan makam.

Alamat Keramat Luar Batang
Jl. Luar Batang V No.10 7, RT.6/RW.3, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14440


 Makam Keramat Kampung Bandan


Makam ini beralamat di Jalan Lodan Raya No. 99 ,Kampung Bandan, Pademangan RT.7, Jl. Lodan Raya No.99 8, RT.8/RW.2, Ancol, Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

Jujur aku baru pertama kali ziarah ke makam keramat ini. Tempatnya berada di pinggir jalan besar. Di sini terdapat 3 makam yang berjejer. Yaitu makam (Habib Mohammad bin Umar Alkudsi, Habib Ali bin Abdurrohman Ba'Alwi, Habib Abdurrahman bin Alwi Assyathiri).

Seperti sebelumnya dimulai dengan membacakan doa ziarah, membaca surah yasin dan tawasul. Ketika membaca doa rasanya hati ini bergetar, tak terasa airmata pun mengalir deras. Ya Allah sungguh nikmat yang terhingga.

Makam Keramat Kwitang


Makam keramat kwitang beralamat di Jl. Kembang Raya No.6, RT.1/RW.2, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10420

Alhamdulillah ini kedua ketiga kalinya aku ziarah ke makam kwitang. Makamnya sangat bagus, bertabur bunga yang wangi. Untuk membaca doapun jadi sangat nyaman. Hanya saja waktu kita berziarah sedang ada beberapa rombongan yang sedang berziarah juga, akhirnya kita semua pindah ke masjid yang berada di sampingnya. 

Ini adalah makam ketiga yang kita kunjungi. Makam ini adalah anak dari sohibul maqom Cikini.

Makam Keramat Cikini


Makam terakhir yang kita kunjungi adalah makam yang ada di Cikini, ini merupakan makam dari Habib Abdurahman bin Abdullah AlHabsyi. 

Di makam ini, kami semua membaca Maulid Ad dhiya ulami yang dipimpin oleh Ustazah Mahani Alattas. Maulid Adhiya Ulami ini merupakan karangan dari Habib Umar bin Hafidz seorang ulama dan waliyulloh yang berasal dari Tarim. Beliau juga nasabnya masih tersambung dengan Nabi Muhammad SAW. 

Di makam ini juga kita boleh membawa pulang air yg disediakan, dan boleh juga mandi di sana, insya Allah kita mendapat keberkahan dari air seorang wali Allah. 

Alamat makam keramat cikini 
Jl. Sekolah Seni, RT.2/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15810

Masya Allah sungguh nikmat perjalanan ke 4 makam keramat ini, perjalanan yang membuat hati bergetar, mengharapkan ridho Allah dan agar Allah mengabulkan segala hajat dunia dan akhirat kita. 

Berziarah merupakan pendekatan kita kepada para keturunan Baginda Nabi Muhammad SAW. Untuk itu walaupun Allah belum memanggil diriku untuk berziarah ke makam Nabi Muhammad, paling tidak aku sudah diberi kesempatan untuk selalu tersambung dengan para keturunan Nabi Muhammad SAW. 

Buat para pembaca, yang belum merasakan bagaimana rasanya berziarah, semoga Allah memudahkan ya untuk bisa merasakan ziarah ke makam yang ada di Jakarta. 

Komentar

Postingan Populer