Postingan

Menampilkan postingan dari Mei, 2019

Boleh Gak Sih Ibu Hamil Puasa?

Gambar
Assalamualaikum bunda-bundaku yang cantik,terima kasih ya masih setia di blog aku ini. Jangan bosen-bosen ya buat baca cerita ku ini. Karna akan banyak aku bagikan tips parenting dan juga nutrisi loh. Dan kali ini aku mau bahas tentang ibu hamil nih. Ayoo ngacung siapa yang hamil?  Hehee... Kehamilan pertama,kedua,ketiga dan seterusnya pasti memiliki kisah dan cerita yang menarik ya bun. Tapi pernah gak bunda merasakan hamil ketika di bulan ramadhan ini? Dulu di kehamilan aku yang pertama dan kedua merasakan bun saat itu,memang ada rasa nikmat tersendiri ya bun. Tapi ada nih pertanyaan - pertanyaan yang sering banget aku denger, boleh gak sih ibu hamil itu puasa?  Sebenernya nih bun, pada usia kehamilan sebelum 7 bulan, ibu hamil dibolehkan berpuasa asalkan kondisi kehamilan tidak memiliki resiko yang berat. Berpuasa itu tidak mempengaruhi kondisi janin,namun lebih mempengaruhi kondisi si Ibu. Apalagi buat ibu hamil yang sedang hamil muda nih bun,mual dan muntah masih

Manfaat Olahraga Selama Kehamilan

Gambar
Assalamualaikum bunda-bunda hebat, apa kabarnya hari ini? Bunda tau gak sih, apa aja yang perlu diperhatikan ketika masa kehamilan? Ketika memasuki masa kehamilan, kebutuhan gizi Bunda meningkat. Banyak Bunda yang sulit memenuhi kebutuhan nutrisinya, sehingga berisiko kekurangan nutrisi, salah satunya adalah defisiensi Zat Besi. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan janin maupun Bunda. Untuk itu, bantu penuhi kebutuhan zat besi selama masa kehamilan dengan mengonsumsi daging merah, sayuran hijau, dan susu yang terfortifikasi zat gizi mikro ya bun. Bunda dianjurkan untuk minum susu hamil karena telah difortifikasi dengan mikronutrisi seperti Zat Besi dan Asam Folat. Selain memperhatikan asupan atau kebutuhan nutrisi, untuk menjaga kehamilan, Bunda juga perlu memperhatikan 4 hal berikut ini:. 1.Melakukan pemeriksaan kehamilan rutin 2.Istirahat yang cukup 3.Hindari pola hidup tak sehat 4.Kelola stres dengan tepat. Bunda juga disarankan melakukan aktivitas 

Peran Pendidikan Untuk menjadi Anak Generasi Maju

Gambar
Assalamualaikum bunda-bunda hebat, apa kabar hari ini? Masih semangat gak nih bun puasanya. Semoga si kecil juga tetap semangat ya bun puasa hari ini. Tetap berikan si kecil nutrisi yang bergizi tinggi ya bun agar si kecil tetap sehat dan kuat. Dan agar si kecil juga bisa menjadi anak generasi maju. Anak generasi maju itu adalah anak yang supel,mandiri,kreatif,cerdas dan tumbuh kuat. Ternyata peran pendidikan juga sangat penting loh bun untuk mendukung anak menjadi generasi maju.  Untuk melatih dan merangsang perkembangan otak serta kreatifitas si kecil,sebaiknya bunda dapat sering berinteraksi dengan si kecil. Jangan biarkan ia menonton televisi terlalu lama ya bun dan berikan ruang bagi si kecil untuk dapat berinteraksi dengan teman sebayanya.  Hal yang paling penting untuk di perhatikan dalam upaya melatih kemandirian sejak dini pada si kecil,contohnya nih bun , jangan terlalu mudah memberikan bantuan jika si kecil mengalami kesulitan, berikan dorongan agar ia tidak mud

Mengajarkan Anak Untuk Berpuasa

Gambar
Assalamualaikum bunda-bunda hebat? Gimana kabar bunda dan keluarga , semoga selalu sehat dan tetap semangat ya bun.  Alhamdulillah kita sudah memasuki di bulan suci Ramadhan ya bun, bulan yang penuh dengan keberkahan. Oh iya apakah bunda sudah mulai mengajarkan si kecil berpuasa? Atau memang si kecil sudah pintar puasanya. Untuk yang baru saja di ajarkan berpuasa bagi tahapan puasa sesuai dengan kondisi dan kemampuan si kecil ya bun. Si kecil belum memiliki kondisi dan kemampuan yang prima untuk melaksanakan puasa,tetapi gak ada salahnya juga bun untuk mengajarkan mereka tetap berpuasa. Berikan motivasi dan dukungan dari kita nih bun sebagai orang tua agar si kecil tetap semangat dalam menjalani ibadah puasanya. Perhatikan juga kondisi si kecil waktu puasa,jika terlihat tidak kuat,biarkan si kecil berbuka terlebih dahulu. Nikmati prosesnya dan usahakan tidak memaksa si kecil untuk berpuasa di luar kempuannya ya bun. Ada beberapa cara nih bun yang bisa dilakukan agar anak tidak

Pentingnya Minum Susu Untuk Anak

Gambar
Assalamualaikum bunda-bunda hebat. Apa kabar hari ini,tetap sehat dan semangat ya bun. Bunda udah tau belum sih manfaat susu itu apa? Anak-anak kita pasti suka kan bun minum susu favoritnya, ternyata tidak semua susu sama loh kandungan nutrisinya. Selain mengandung kalsium dan protein, susu pertumbuhan si Kecil juga harus didukung dengan zat gizi omega 3 dan 6 untuk bantu lengkapi zat gizi yang mungkin belum optimal dari makanannya sehari-hari.  Seperti protein untuk pembentukan dan perbaikan sel, pembentukan enzim hormon,sistem kekebalan tubuh dan fungsi penting lainnya. Kalsium untuk metabolisme tulang dan zat perantara kontraksi otot,sinyal sel dan produksi hormon. Omega 3 & 6 untuk perkembangan fungsi otak dan kecerdasan si kecil. Kalsium adalah mineral yang di butuhkan dalam proses pembentukan tulang. Anak-anak kita membutuhkan asupan kalsium yang cukup untuk pembentukan tulang dengan baik. Selama masa pertumbuhan anak, tubuh akan menggunakan kalsium untuk membangun