Kasih Sayang Baby dengan Sentuhan Cinta Johnsons


Assalamualaikum semua. Apa kabarnya hari ini? Semoga semua dalam keadaan sehat ya. Oh iya pada tanggal 26 juni 2019 kemarin aku hadir di eventnya Johnson's yang bekerja sama dengan The Urban Mama. Mau tau ada apa aja sih disana? 
Jadi johnson's itu membuat kampanye Sentuhan Cinta. Sentuhan Cinta ini berfokus pada edukasi pijat bayi. Sentuhan Cinta ini di perkenalkan pertama kali pada tahun 2000 dengan peluncuran buku panduan pijat bayi. Program ini mendorong para ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi,khusunya selama peroide emas. Periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan adalah periode yang sangat penting bagi bayi,dimana pertumbuhan yang diperoleh dalam periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya sampai bayi beranjak dewasa. Gak hanya nutrisi aja yang cukup, tapi penting bagi bayi untuk mendapatkan afeksi melalui sentuhan ibu melalui ritual pijat dan mandi bayi.

Berdasarkan data dari BKKBN ( Badan Kependudukan dan Berencana Nasional ), angka kematian bayi di Indonesia menurun dari 32 per 1.000 kelahiran hidup pada 2012 menjadi 15 per 1.000 kelahiran hidup pada tahun 2017. Untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs), pemerintah menargetkan angka kematian bayi di Indonesia turun menjadi 12 per 1.000 kelahiran. Sejalan dengan target pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan bayi di Indonesia , Johnson's sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang fokus terhadap perkembangan holistik anak memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas bayi melalui program Sentuhan Cinta.

Nah untuk menjalankan kampanye ini, johnson's bekerja sama dengan Habitat For Humanity untuk membangun pusat kesehatan anak (Posyandu) di desa Randusongo, Gresik,Jawa Timur. Dan untuk memastikan bayi Indonesia mendapatkan perwatan yang terbaik,Johnson's melakukan roadshow edukasi pelatihan pijat bayi ke 15 kota di Indonesia bersama 22 orang Tim Edukasi profesional dari Johnson's untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal. 



Kemarin aku juga ikut melakukan pijat bayi bersama baby aku sofia. Dan aku sangat bersyukur dan berterima kasih Johnson's membuat kampanye ini karna membuat aku jadi lebih tau memijat bayi yang benar dan manfaat pijat bayi dan juga untuk si ibu.


Dan ini adalah beberapa manfaat pijat bayi :
1. Membantu meningkatkan kesehatan psikologis bayi sehingga saluran pencernaan menjadi lancar dan makananpun lebih dapat diserap dengan baik. Selain ini juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas bayi dan kepadatan mineral tulang. 
2. Memperlancar peredaran darah yang sehat dan memperkuat kekebalan tubuh.
3. Untuk membantu otak bayi agar berkembang dan bekerja lebih cepat.
4. Untuk meningkatkan kualitas dan durasi tidur bayi.
5. Membantu meredakan kolik.
6. Meningkatkan ikatan emosional bayi dengan orang tua karna bisa meningkatkan produksi hormon oksitosin bagi bayi dan juga ibu ( hormon yang membuat merasa nyaman dan dicintai).


Banyak banget kan manfaat pijat bayi. Kali ini yuk sama-sama kita belajar cara memijat bayi yang benar. Karna jujur aku pun belajar memijat bayi dari Johnson's loh. Berikut Langkah singkat memijat bayi yang benar. 

1. CARESS LOVE 

Letakkan kedua telapak tangan di atas dahi bayi dan pijat perlahan ke bawah mengarah ke dagu baby,seperti membuka buku.

2. RELAX 

Pijat area di atas alis, dari tengaj samping menggunakan kedua ibu jari dan Pijat perlahan.

3. SMILE 

Pijat secara perlahan dengan membuat pola senyuman di atas bibir menggunakan ibu jari. 

4. BUTTERFLY

Kedua telapak tangan di letakkan di tengaj dada,gerakkan kedua telapak tangan ke atas sampai di bawah leher. Kemudian ke samping dan kebawah kembali ke tengan, tanpa mengangkat tangan.

5. CROSS/MENYILANG

Letakkan kedua telapak tangan di kedua sudut tulang rusuk terbawah. Pijat menyilang dari arah pinggang menuju bahu dan sebaliknya. Lakukan bergantian ,kanan dan kiri.

6. (I)

Pijat lembut dengan 3 ujung jari tangan membuat pola dari kiri atas bayi lurus ke bawah,seperti membentuk huruf "I"

7. (LOVE)

Buat garis di atas perut dari kanan atas ke kiri atas bayi. Lalu lanjutkan dengan membuat garis ke bawah perut membentul huruf "L"

8. (U)

Membuat huruf U terbalik dari perut sebelah kanan bayi. Arahkan jari perlahan ke atas perut dan turun mengarah ke perut sebelah kiri.

10. FINGER SHAKE

Goyang dan tarik lembut setiap jari si baby dari jempol sampai kelingking.

11. ROLLING 

Gunakan kedua telapak tangan untuk membuat gerakan seperti menggulung dari pangkal lengan menuju pergelangan tangan.

12. MILKING

Tangan kanan memegang tungkai atas dan tangan kiri memegang tungkai bawah. Buat gerakan seperti memerah secara berulang-ulang.

13. RELAX (KAKI)

Pegang pergelangan kaki bayi, silangkan ke atas sehingga mata kaki kanan luar bertemu dengan mata kaki kiri dalam. Kembalikan posisi kaki pada posisi semula,gerakan ini dilakukan secara berulang-ulang.

14. SLIP (PIJATAN MELUNCUR)

Baringkan si baby dengan  posisi tengkurap. Posisikan satu telapak tangan,tegak lurus dengan tulang punggung baby. Gerakkan telapak tangan dengan lurus atas ke bawah,dari leher hingga bokong.


Nah mudah kan cara memijat bayi nya. Untuk lebih lengkapnya bunda bisa liat di link berikut 

https://www.johnsonsbaby.co.id/pijat-bayi-untuk-tumbuh-kembang-bayi-optimal#gWCvrtD5x6BwFu7R.97

Untuk bunda yang mau tau lebih tentang kampanye sentuhan cinta ini bisa banget ke webnya nih bun,ke 

https://www.johnsonsbaby.co.id/sentuhancinta?utm_source=Urban-Mama&utm_medium=Article&utm_campaign=Sentuhan-Cinta

Atau bunda bisa kunjungi ke akun instagram resmi Johnson's @JohnsonsBaby_id dan Facebook di @JohnsonsBabyIndonesia 

#SentuhanCinta
#JohnsonsBabyId
#PijatBayi

Komentar

  1. Seneeeng bangeet aku tuh ke acara johnsons kemarin . Ilmu nyaa kepake bangeeet buat kitaa pijat si baby . Aku kalau pijat juga pakai lotion dari Johnson's .

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Awas Banyak Nyamuk Aedes Aegepti Di Musim Penghujan

Yuk Cegah Sakit Flu Dengan Vaksin Flu

Gabung di Klub Bisa Dapet Voucher Belanja dan Elektronik