Danone perusahaan pertama yang memberikan cuti melahirkan selama 6 bulan.



Danone,pasti udah ada yang tau dong perusahaan danone. Yup perusahaan ini buat aku keren banget. Perusahaan yang bener-bener mementingkan kehidupan karyawannya. Danone memiliki komitmen untuk mendukung upaya pemenuhan hak perempuan dan anak atas pengasuhan dan tumbuh kembang yang baik,yang di wujudkan dalam suatu kebijakan Parental Policy nah kebijakan ini sesuai banget sama visi Danone. Hal ini disampaikan oleh Direktur HR Danone ELN Indonesia,Evan Indrawijaya. 

Pada tanggal 29 Agustus 2017 kemarin danone mengadakan diskusi bersama para pakar tentang Tumbuh Kembang Anak dan Kebijakan Perusahaan. Yang dihadiri oleh para pakar yaitu :
  
  1. Dr.dr.Rini Sekartini SpA(K)-Dokter Spesialis Anak & Konsultan Tumbuh Kembang Anak RI
  2. Ibu Rohika Kurniadi
  3. Luhur Budiarso - Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak (APSAI) 
  4. Evan Indrawijaya - Direktur HR Danone ELN Indonesia


Jadi , Danone memberikan cuti hamil dan melahirkan selama 6 bulan bagi karyawan perempuan,serta cuti 10 hari bagi karyawan laki-laki yang istrinya melahirkan. Selain cuti hamil dan melahirkan,untuk mendukung 1000 HPK yang optimal Danone menyediakan ruang laktasi di setiap kantor dan pabrik. Ruang laktasi disediakan agar para karyawan perempuan dapat memberikan Asi Eksklusif  kepada anak untuk pemenuhan nutrisi di 1000 hari pertama kehidupannya. Perhatian pada persoalan tumbuh kembang anak ini bahkan telah dimulai sejak karyawan perempuan hamil loh.

Menurut Dr.dr.Rini Sekartini SpA(K) semua orang tua wajib mempersiapkan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) untuk menunjang kualitas anak yang optimal. 1000 HPK dimulai sejak fase kehamilan (270 hari) hingga anak berusia 2 tahun (730 hari).  Seribu hari pertama kehidupan merupakan waktu yang terpenting dalam hidup seseorang. Jika seorang anak tidak terpenuhi asupan mulai dari nutrisi,kesehatan,serta kurangnya kasih sayang maka dampak yang terjadi adalah perkembangan anak akan bersifat permanen, yaitu seperti gangguan pertumbuhan tinggi badan,kecerdasan otak yang menurun,hingga kepercayaan diri sang anak. Peran menyusui juga sangat penting karna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan juga untuk meningkatkan bonding atau kedekatan antara ibu dan anak.


Cuti hamil dan melahirkan sudah ada di dalam UU Ketenagakerjaan Nomor 13  Tahun 2003  pasal 82 , dimana pasal ini mengatur mengenai cuti hamil dan melahirkan yang diberikan selama 3 bulan. Selain itu juga cuti hamil dan melahirkan termasuk dalam deklarasi Universal Hak Asasi Manusia di PBB, menyatakan bahwa perwujudan HAM adalah dalam bentuk penghormatan (to respect),melindungi (to protect),dan memenuhi (to fullfil). Hal ini juga tercakup dalam Undang-Undang Nomer 39 Tahun  1999 tentang Hak Asasi Manusia, hak perempuan dan anak telah di tetapkan sebagai bagian dari Hak Asasi Manusia (HAM) yang merupakan hak-hak dasar atau hak-hak pokok yang dibawa manusia sejak lahir.

Luhur Budiarso Ketua Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak (APSAI) mengatakan bahwa anak merupakan stakeholder atau pemangku kepentingan yang sangat penting bagi dunia. Komitmen APSAI adalah membantu pemerintah mewujudkan perlindungan atas hak anak dan mendampingi perusahaan-perusahaan untuk lebih ramah anak dengan mengaplikasikan Prinsip dan Kriteria Perusahaan Layak Anak (P&K PLA) yang di adopsi dan diadptasi dari Children's Right and Business Principles (CRBP) yang meliputi kebijakan manajemen program maupun produk layak anak. Memberikan cuti hamil dan melahirkan yang dimiliki oleh Grup Danone merupakan salah satu contoh perusahaan ramah anak dan mendukung tumbuh kembang anak dari sisi kebijakan manajemen.

Danone merupakan perusahaan yang ramah keluarga (family friendly).  Banyak karyawan yang merasa senang dan bangga dengan perusahaan Danone yang berani memberikan cuti hamil dan melahirkan selama 6 bulan bagi karyawan perempuan dan cuti 10 hari bagi karyawan laki-laki yang istrinya melahirkan. 

Danone adalah perusahaan makanan dan minuman terbesar didunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada orang dan beroperasi di 160 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100.000 diseluruh dunia. Di Indonesia , bisnis Danone terdiri dari 3 kategori utama yaitu, Air minum dalam kemasan dan minuman non karbonasi, nutrisi untuk awal kehidupan dan nutrisi medis. Danone juga memiliki 23 pabrik dengan jumlah karyawan lebih dari 15.000 orang.






Komentar

  1. Siap siap deh , kita bikin cv .pastinya danone kebanjiran cv dari kita kita para cewe

    BalasHapus
  2. Jarang ya ada perusahaan yang menyediakan ruang laktasi untuk karyawan. Fasilitas Danone sangat memanjakan karyasannya terutama kary. Perempuan. Salut banget.

    BalasHapus
  3. Terima kasih sharingnya,semoga semakin banyak perusahaan seperti Danone ya

    BalasHapus
  4. Fasiltas yang diberikan oleh Danone untuk ibu sebelum melahirkan dan pasca melahirkan pastinya mendukung banget untuk menjadikan bayi tumbuh yang optimal dan sehat

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Awas Banyak Nyamuk Aedes Aegepti Di Musim Penghujan

Gabung di Klub Bisa Dapet Voucher Belanja dan Elektronik

Tantangan dari Wahana Mola-Mola Jet Spinner