Mengajarkan Anak Untuk Berpuasa


Assalamualaikum bunda-bunda hebat? Gimana kabar bunda dan keluarga , semoga selalu sehat dan tetap semangat ya bun. 
Alhamdulillah kita sudah memasuki di bulan suci Ramadhan ya bun, bulan yang penuh dengan keberkahan. Oh iya apakah bunda sudah mulai mengajarkan si kecil berpuasa? Atau memang si kecil sudah pintar puasanya. Untuk yang baru saja di ajarkan berpuasa bagi tahapan puasa sesuai dengan kondisi dan kemampuan si kecil ya bun. Si kecil belum memiliki kondisi dan kemampuan yang prima untuk melaksanakan puasa,tetapi gak ada salahnya juga bun untuk mengajarkan mereka tetap berpuasa. Berikan motivasi dan dukungan dari kita nih bun sebagai orang tua agar si kecil tetap semangat dalam menjalani ibadah puasanya. Perhatikan juga kondisi si kecil waktu puasa,jika terlihat tidak kuat,biarkan si kecil berbuka terlebih dahulu. Nikmati prosesnya dan usahakan tidak memaksa si kecil untuk berpuasa di luar kempuannya ya bun.
Ada beberapa cara nih bun yang bisa dilakukan agar anak tidak bosan dan terus menerus memikirkan rasa lapar saat berpuasa.

* Cari ide permainan yang bisa dilakukan di dalam rumah atau di luar saat sore menjelang berbuka,misalnya ajak si kecil main tebak kata,mewarnai,atau bermain sepeda tapi tetap di awasi ya bun.
* Berikan kesempatan kepada si kecil untuk berbuka puasa bersama teman-temannya,karna hal tersebut akan membuat mereka semangat dan gembira dalam menjalankan ibadah puasa.



Untuk nutrisinya,bunda bisa menyiapkan makan sahur dan berbuka dengan menu ringan dan mudah di cerna serta bergizi tinggi untuk si kecil. 
Untuk menu sahur bunda bisa memberikan ; 
* Buah alpukat,selain rasanya yang enak alpukat juga bisa membuat kenyang lebih lama loh. * Berikan juga buncis dan kacang-kacangan nih bun, karna makanan ini kaya akan serat, zat besi, antioksidan dan vitamin B yang bisa membuat kenyang. 
* Menu telor juga sangat bagus bun untuk sahur, karna kandungan proteinnya membuat rasa kenyang menetap selama beberapa waktu. 
* Berikan juga seporsi jeruk yang kaya akan serat dan mengandung vitamin C, jeruk juga bermanfaat untuk menambah energi. 
* Oatmeal juga bagus bun,karna kadar gula dalam oatmeal lebih sedikit, selain itu juga kaya akan protein dan serat yang cocok untuk mengekang nafsu makan.
Jangan lupa lengkapi nutrisinya dengan minum susu SGM Eksplor yang mengandung complinutri ya bun,minum 2 gelas sehari agar menjadi anak generasi maju.

#MombassadorSGMEksplor
#GenerasiMaju
#SGMEksplor 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Awas Banyak Nyamuk Aedes Aegepti Di Musim Penghujan

Gabung di Klub Bisa Dapet Voucher Belanja dan Elektronik

Tantangan dari Wahana Mola-Mola Jet Spinner