Segudang Manfaat Buah Jeruk


Assalamualaikum bunda-bunda hebat. Bunda, udah tau belum sih jeruk merupakan buah-buahan dari suku Rutaceae ya berasal dari Asia Tenggara dan Asia Timur. Pada abad ke 20 jeruk sempat di anggap sebagi buah-buahan yang mewah loh bun dan buah yang sangat di hargai di Eropa. Nah kalau sekarang jeruk udah banyak kita jumpai ya bun, ada di supermarket dan juga di pasar tradisional. 

Kalau si kecil suka gak sih bun makan buah jeruk? Kalau kaka sistha itu suka bun. Apalagi kalau buahnya di peras tinggal di tambah es batu. Hmm..rasanya itu loh bun seger banget. 
Selain rasanya yang manis,asam dan segar , jeruk juga mengandung banyak vitamin,nutrisi dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.
Di antaranya termasuk serat pangan pektin,folat,vitamin B1,vitamin A serta antioksidan flavanoid beta karoten,beta cryptoaxanthin. Jeruk juga mengandung potasium,tembaga, asam pantotenik dan juga kalsium yang cukup banyak. Vitamin yang ada di dalamnya juga membantu mencegah oksidasi kolesterol yang di akibatkan radikal bebas. Di dalam buah jeruk jugaa mengndung folat yang mampu menurunkan kadar homosistein salah satu faktor penyebab penyakit kardiovaskular.

Ternyata ya bun manfaat buah jeruk itu banyak loh bun,apa aja sih. Yuk kita bahas. 

1. Untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.
Jeruk memiliki kandungan kalori yang rendah. Kandungan serat pangan pektin pada jeruk mampu mengikat kolesterol dengan asam empedu di dalam usus besar. Akibatnya, penyerapan ulang kolesterol bisa di tekan dan kadar kolesterol di dalam darah pun berkurang.

2. Mengontrol kadar gula dalam darah. Serat pangan berfungsi untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Gula alami dalam jeruk juga menjaga kadar gula agar tidak naik terlalu tinggi setwlah makan. Makanya buah jeruk itu salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jeruk juga mengandung antioksidan yang membantu menjaga berat badan agar tetap ideal dan mencegah obesitas.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C merupakan antioksidan larut air yang utama dalam tubuh kita. Vitamin ini membantu tubuh meningkatkan resistensi terhadap kuman penyebab penyakit,termasuk flu dan infeksi telinga. Kandungan vitamin A yang terdapat dalam jeruk mampu menjaga kesehatan membran mukosa agar kuman penyebab penyakit tidak mudah masuk ke dalam tubuh.

Nah dari banyaknya manfaat di atas salah satunya untuk daya tahan tubuh ya bun. Sangat bagus untuk si kecil. Apalagi dengan banyaknya kegiatan si kecil,seperti sekolah,bermain bersama teman-teman. Selain memberikan makan makanan yang bergizi tinggi berikan juga buah jeruknya bun. Serta lengkapi dengan minum susu sgm eksplor agar anak kita menjadi anak generasi maju. 

#MombassadorSGMEksplor
#GenerasiMaju
#SGMEksplor 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Awas Banyak Nyamuk Aedes Aegepti Di Musim Penghujan

Gabung di Klub Bisa Dapet Voucher Belanja dan Elektronik

Tantangan dari Wahana Mola-Mola Jet Spinner