Penanganan Saraf Kejepit Terbaik di Rs Premier Bintaro

 Beberapa bulan yang lalu, aku menjenguk salah satu suaminya temanku yang sedang sakit. Saat itu dia belum bilang sakit apa, tapi ketika dia memberitahu ternyata suaminya sakit saraf kejepit.

Awalnya adalah karena pekerjaannya yang memang sering mengangkat barang.

Lama kelamaan bertambah sakit sampai tidak bisa tengok sampai ke tangan sebelah kiri rasanya seperti panas terbakar, bahkan tidak bisa tidur kesakitan. 


Sejak saat itu aku jadi penasaran apa sih sebenarnya penyakit saraf kejepit itu, kenapa bisa separah dan selama itu ya?


Nah pas banget kemarin aku tuh diberi kesempatan yang luar biasa sama Rs Premier Bintaro buat ikutan Blogger & Vlogger Gathering. Jadi di sana kita ada yang namanya Hospital Tour dan juga Health Talk.


Salah satu bahasan health talk ini tentang Penanganan Saraf Kejepit bersama dr. Ajiantoro.


Health Talk 

Penanganan Saraf Kejepit



Saraf Kejepit adalah suatu penyakit nyeri di punggung bawah ( Low Back Pain ) atau dibagian leher dimana ada 2 jenis nyeri yaitu, Nyeri Akut dan Nyeri Kronis.


Penyebab saraf kejepit


Sebagian dari kita pasti sudah pernah mengalami saraf kejepit ini atau mungkin akan mengalaminya. Menurut dr. Ajiantoro 80% populasi mengalami minimal 1x nyeri pinggang dalam episode kehidupan.


Salah satu penyebab dari Saraf kejepit adalah seringnya mengangkat barang atau apapun yang berat, hal ini sering dilakukan wanita ataupun pria.


Selain itu juga kecelakaan bisa juga menyebabkan saraf kejepit. Nyeri bagian belakang yang teramat sangat ngilu akibat pernah terjadi kecelakaan. 


Saraf Kejepit merupakan angka absensi tertinggi, urutan kedua tersering kunjungan dokter, urutan ke tiga besar penyakit yang butuh pembedahan, dan juga urutan kelima penyebab masuk rumah sakit. Dan satu lagi Saraf Kejepit merupakan salah satu penyebab disabilitas tertinggi.


Luas biasa ya Saraf Kejepit ternyata tidak bisa kita sepelekan begitu saja. Banyak orang yang mungkin tidak menyadarinya kalau terkena saraf kejepit. 


Tanda - Tanda kita harus segera butuh penanganan saraf kejepit. 

Kita harus tau seberapa sering sih nyeri yang kita rasa, nyeri bisa terjadi mendadak dan tak tertahankan. Atau kalau sampai tidak bisa berjalan pokoknya jangan ragu lagi deh buat langsung memeriksakan ke dokter.


Nah di Rs Premier Bintaro ini sudah sangat lengkap penanganan untuk penyakit Saraf Kejepit. Dengan penunjang diagnosis yang sudah lengkap :


Laboratorium Radiologi :
- USG
- XRAY
- CT SCAN
- MRI
- BMF 

Rehabilitasi Fisioterapi


Untuk diagnosis ini ada 2 konservatif Non-Operative dan Operative.


Konservatif Non-Operative


Untuk konservatif Non - Operative maksudnya adalah penanganan tanpa Operasi. Pastilah ya sebagian dari kita kalau disebutkan operasi sudah sangat ketakutan. 


Untuk yang Konservatif Non Operative kita harus memperbaiki pola hidup dan aktivitas harian, diet dan berat badan harus ideal, istirahat sangat diperlukan kalau nyeri mulai kambuh.


Hindari gerakan yang bisa mengakibatkan nyeri kambuh. Kita juga harus rutin minum obat - obatan nyeri, radang dan vitamin, serta harua ada rehabilitasi medik yaitu latihan fisik dan penguatan otot (olahraga) dan juga ada alat bantu dan korset.


Operative 


Untuk yang operative atau operasi di Rs Premier Bintaro ini ada Tim dokter dan perawat yang profesional, kesiapan kamar operasi 24 jam, instrumen dan implan yang lengkap, C-arm, alat endoscopy dan yang pastinya sterilisasi terjaga.


Untuk tindakan minimal inflasif tulang belakang ada yang namanya MISS (Minimally Invasive spine surgery) adalah teknologi terbaru tindakan tulang belakang yang dapat mengurangi kerusakan jaringan dan stress pada tubuh sehingga pasien dapat beraktivitas kembali lebih cepat dengan hasil yang lebih baik.


Tujuan MIS surgery ini :


  • Mengurangi tarikan dan kerusakan otot

  • Meminimalisir rusaknya jaringan lunak tulang belakang

  • Mempertahankan integritas dari dorsolumbar fascia

  • Mengurangi luka sayatan 

  • Utilisasi saraf dan pembuluh darah


Ternyata penanganan di Rs Premier buat saraf kejepit sangat handal sekali ya, kita juga bisa pilih mau dengan operasi atau tidak, bahkan dokter pun akan melakukan yang terbaik untuk setiap pasiennya. 


Di Rumah Sakit Premier Bintaro ini banyak banget fasilitas yang bagus, yang pastinya nyaman, aman, luas dan bersih.


Aku juga diberi kesempatan buat di ajak hospital tour bersama Rs Premier Bintaro, kita dibagi menjadi beberapa grup. 1 grup terdiri dari 10 orang. 


Aku kebagian masuk grup pertama yang dipandu oleh Mas Yusuf dari Rs premier Bintaro. Senang banget deh disambut dengan ramah dan sangat baik oleh para dokter dan perawat di sana. Padahal itu masih jam kerja mereka. Hebat sih aku salut banget. 


Pertama aku di ajak ke ruangan IGD (Instalasi Gawat Darurat) selalu on 24 jam dengan kesiapan para tim dokter dan perawat. Ada 12 bed juga di sana, yang pastinya kalau ada pasien yang sudah sangat gawat darurat bisa dengan cepat ditindaklanjuti.



Lalu kita mengunjungi ruangan yang namanya Spine Center. Spine Center adalah layanan terpadu untuk gangguan tulang belakang, salah satunya adalah :


  •  Nyeri tulang belakang

  • Kelainan bentuk tulang belakang seperti skoliosis

  •  Trauma tulang belakang

  • Gangguan saraf akibat kelainan tulang belakang


Lalu aku juga menuju ke Sports Center ini adalah layanan terpadu untuk penanganan sehubungan dengan aktivitas olahraga atau para atlet.


Untuk kantin atau mau cari makanan dan minuman bisa di lantai bawah ya, tempatnya bagus, luas dan bersih.



Rs Premier Bintaro ini mulai beroperasi pada 12 oktober 1998. RS Premier Bintaro merupakan bagian dari Ramsay Sime Darby Health Care Grup, grup rumah sakit swasta yang memiliki lebih dari 100 rumah sakit dan fasilitas di Australia, Inggris, Prancis, Malaysia dan Indonesia.


Banyak sekali fasilitas pelayanan unggulan yang ada di Rs Premier Bintaro, salah satunya adalah :


  1. Orthopedic center

  2. Spine Center

  3. Hand Clinic ( Klinik Bedah Tangan )

  4. Sports Clinic

  5. Artroplasti ( bedah penggantian panggul dan lutut )

  6. Vascular Center

  7. Stroke Center

  8. Skin & Laser Clinic 



Rumah Sakit Premier Bintaro juga merupakan rumah sakit pertama di Indonesia yang terakreditasi menggunakan standar JCI ( Joint Commission International ) keempat. 


Filosofi dari Rs Premier adalah "People Caring For People" artinya Rs Premier Bintaro ingin selalu memberikan peningkatan kualitas berkelanjutan dan memberikan pelayanan berstandar internasional, juga untuk mengembangkan sumber daya manusia secara konsisten.


Rs Premier Bintaro beralamat

di Jalan MH Thamrin no. 1

sektor 7 Bintaro Jaya 

Kota tangerang selatan

15224



Komentar

  1. Wahh ternyata saraf kejepit kalau dibiarkan bikin body gak nyaman ya Mom's . Jujur kalau operasi 2 aku tuh paling takut. Eh ternyata bisa juga tanpa operasi . Keren banget ya RS Premier Bintaro 🔥

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer