Makanan Lokal Yang Bergizi Tinggi


Hai bunda, Masak apa nih bunda hari ini? Pernah gak sih bun dibuat bingung dalam memilih bahan makanan bergizi untuk Si Kecil? Tanpa Bunda sadari, sebenarnya bahan makanan yang  bergizi tinggi juga terdapat pada pangan lokal di sekitar kita loh. 
Udah gitu mudah didapat dan harganya terjangkau, gizi yang dikandung dalam bahan pangan lokal juga sangat baik untuk tumbuh kembang Si Kecil.

Misalnya adalah Singkong.
Singkong itu mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh kita. Dalam 100 gram singkong rebus ada 112 kalori yang 98 persennya berasal dari karbohidrat dan sisanya berasal dari protein serta lemak. Dalam takaran yang sama, singkong juga mengandung serat dan beberapa vitamin serta mineral.

*Karbohidrat*
Setiap 100 gram singkong mengandung 38 gram karbohidrat. Inilah mengapa singkong menjadi  sumber energi yang baik untuk tubuh kita yang harus menjalani aktivitas fisik yang berat.

*Serat*
Singkong mengandung serat pangan dalam jumlah yang cukup tinggi, sehingga dapat mencegah sembelit. Serat juga membantu kita menurunkan berat badan karena bisa membuat kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan serat mendatangkan manfaat singkong untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol, menurunkan risiko obesitas, dan menurunkan risiko penyakit jantung.
Manfaat singkong juga bisa didapatkan bagi bunda yang memiliki diabetes. Makan singkong dapat membantu menurunkan kadar gula darah loh. Hal ini karena serat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

*Mineral*
Singkong mengandung sumber mineral yang cukup banyak seperti kalsium, fosfor, mangan, zat besi, dan kalium. Mineral ini diperlukan untuk perkembangan, pertumbuhan, dan menjalankan fungsi jaringan tubuh.
Kalsium diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Zat besi membantu dalam pembentukan protein (hemoglobin dan myoglobin) yang membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh Anda.
Sementara itu, mangan membantu pembentukan tulang, jaringan ikat, dan hormon seks. Kalium diperlukan untuk sintesis protein dan membantu dalam pemecahan karbohidrat.
Selain itu, singkong juga mengandung magnesium dan tembaga yang cukup tinggi. Magnesium dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko osteoporosis. Tembaga menjaga fungsi saraf tetap sehat.

*Vitamin*
Singkong mengandung vitamin C, vitamin E, dan folat yang berlimpah dan memberikan banyak manfaat. Kandungan tersebut memberikan manfaat singkong yaitu melindungi dari kanker usus besar dan mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan. Selain itu, vitamin C juga melindungi kita dari penyakit jantung koroner dan beberapa jenis kanker.

Pengolahan singkong beragam ya bun, kalau menurut aku banyak banget deh yang bisa di jadiin cemilan dari singkong.  Salah satunya misro atau combro,getuk,singkong thailand,singkong goreng keju dan masih banyak lagi ya bun. Kalau yang aku sebutin tadi itu semua favorit makanan aku dan keluarga bun. Selain nikmat bergizi tinggi ya bun.

Kacang kedelai juga merupakan sumber protein terbaik, banyak mengandung serat, serta padat vitamin dan mineral. 
Ada juga ikan lele yang mengandung omega 3,omega 6 dan vitamin B12. 
Nah kalau si kaka suka banget nih sama ikan lele,biasanya ikan lelenya aku goreng crispy gitu. Ikan lele yang sudah di bersihkan di campur tepung lalu di goreng dengan api sedang,goreng hingga kecoklatan. Makannya pakai nasi hangat dan ditambahkan kecap sedikit. Ini yang bikin si kaka nambah makannya.

Terus ada juga jagung yang mengandung vitamin A, vitamin C dan folat. Kalau jagung biasanya si kaka suka di bikin jasuke (jagung susu keju), Pertama jagung yang sudah di pipil di kukus dulu sampai matang,setelah itu angkat dan tiriskan,lalu tambahkanlah toping keju serta susu. So, easy kan bun dan banyak banget vitaminnya. Di jamin anak pasti suka.



Yuk bun berikan makanan yang bergizi tinggi untuk menciptakan anak generasi maju.

#MombassadorSGMeksplor
#SGMeksplor
#GenerasiMaju


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gabung di Klub Bisa Dapet Voucher Belanja dan Elektronik

Awas Banyak Nyamuk Aedes Aegepti Di Musim Penghujan

Tantangan dari Wahana Mola-Mola Jet Spinner