Bahayanya Penyakit Demam Berdarah


Siapa sih yang gak sedih ketika anak kita harus terkena penyakit deman berdarah? Pasti rasanya remuk banget ya bun hati kita seakan hancur dan nyesek. Ini yang terjadi pada aku bun.

Di jumat pagi pada pertengahan bulan maret kemarin sistha demam tinggi. Gak biasanya dia panas tinggi dan badannya lemas. Panasnya waktu itu sampai 39 derajat. Aku hanya kasih obat penurun panas. Tapi percuma gak turun juga. Sampai hari ke tiga panasnya turun hanya 38 derajat. Langsung deh di bawa ke puskesmas dan disana langsung tes darah. Ternyata trombositnya 119000. Kata dokter besok harus tes darah kedua,karna takut trombositnya turun. Karna kalau turun di bawah 100000 sistha harus langsung dirawat. Duh rasanya deg-degan banget di bilang gitu. Keesokannya aku dan suami ke puskesmas lagi untuk tes darah dengan penuh rasa takut tapi harus tetap berfikir positif. Memang si kaka badannya udah lemas,ngeluh kepalanya sakit dan pegal-pegal pada kakinya.
Setelah selesai tes darah dan hasilnya dibacakan dokter,ternyata trombosit sistha 76000 dan dokter diagnosa demam berdarah. Dan langsung di buat surat rujukan ke rumah sakit untuk dirawat. Ah.. pada saat diruangan dokter aku berusaha menahan air mata,aku harus terima ini semua takdir Allah. Sampai perjalananpun airmata tak berenti menangis. Hancur rasanya pada saat itu.


Dan akhirnya kaka sistha harus dirawat di sebuah rumah sakit rujukan dari puskesmas. 5 hari si kaka harus menginap di rumah sakit. Setiap hari harus cek darah,di kasih obat lewat infusan dan obat yang di minum juga. Sedih saat lihat anak meringis kesakitan ketika jarum suntik menusuk tangannya,setiap mau di ambil darah dia ketakutan. Hingga di hari kelima si kaka di bolehkan pulang karna trombositnya sudah naik 134000.

Sebenarnya apa sih bun penyakit demam berdarah itu? Ternyata Demam berdarah dengue itu adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Demam berdarah dulu disebut penyakit "break bone" kerena menyebabkan nyeri sendi dan otot di mana tulang terasa retak. Dan ini juga di rasakan kaka sistha, dia selalu ngeluh pegel pada kaki dan badannya.

Tanda-tanda gejala terkena DBD ada 3 jenis.

1. Gejala demam berdarah klasik, biasanya gejala ini diawali dengan demam selama 4 hingga 7 hari setelah di gigit nyamuk. Demam tinggi hingga 40 derajat,sakit kepala,nyeri otot dan merasa mual. Ruam muncul di tubuh 3 sampai 4 hari setelah demam.
2. Gejala dengue hemorrhagic fever,gejala ini merusak pada pembuluh darah dan getah bening,perdarahan dari hidung,gusi,atau dibawah kulit. Dan jenis penyakit dengue ini dapat menyebabkan kematian.
3. Gejala dengue shock syndrome adalah jenis penyakit dengue yang paling parah, meliputi gejala demam berdarah klasik dan dengue hemorrhagic fever di tambah lagi kebocoran diluar pembuluh darah dan perdarahan parah shock atau tekanan darah sangat rendah. Jenis penyakit ini biasanya terjadi pada anak-anak dan dewasa.

Siapapun gak mau kan bun kalau anaknya terkena penyakit demam berdarah. Untuk itu jagalah rumah kita dari nyamuk terutama pada malam hari. Hindari berada diluar ruangan pada dini hari,senja atau malam hari,dimana banyak nyamuk di luar. Apabila sedang berada di daerah yang banyak nyamuk gunakan baju berlengan panjang,celana panjang, kaus kaki dan sepatu. Serta berikan asupan makanan bergizi untuk si kecil agar daya tubuhnya tetap terjaga. Berikan makanan yang mengandung vitamin,mineral,omega 3 dan 6. Dan untuk menambah asupan nutrisinya berikan juga susu Sgm Eksplor agar daya tahan tubuhnya tetap terjaga.

Semoga anak-anak kita selalu sehat ya bun.

#MombassadorSGMEksplor
#GenerasiMaju
#SGMEksplor 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gabung di Klub Bisa Dapet Voucher Belanja dan Elektronik

Awas Banyak Nyamuk Aedes Aegepti Di Musim Penghujan

Tantangan dari Wahana Mola-Mola Jet Spinner